PSIKOLOGI SIGMUND FREUD

Posted: Mei 21, 2012 in Uncategorized

Image

Freud adalah seorang bangsa Jerman keturunan Yahudi. Dilahirkan pada tanggal 6 Mei 1856 di kota Moravia Freiberg. Hanya empat tahun dia bertempat tinggal di Cekoslavia, kemudian pindah ke Wina, Austria. Dia melanjutkan kuliah kedokteran di Wina pada tahun 1873. Antara tahun 1876-1882, ia membantu di laboratorium fisiologi di Wina yang dipimpin oleh Ernest Brucke hingga Freud mendapatkan gelar dokter dalam urat syaraf.

 

Tahun 1885 ia menjabat sebagai guru besar urat syaraf di Wina. Tetapi ilmunya dirasa kurang, maka ia belajar lagi di Paris pada Prof. Charcot, seorang dokter berkebangsaan Prancis. Dia terkesan dengan pemikiran Charcot terutama dengan percobaan Charcot untuk menyembuhkan kelumpuhan akibat histeria dengan ilmu hipnotis. Kemudian dia kembali ke Wina dan bekerjasama dengan seorang dokter urat syaraf dan penyakit hysteri, bernama Breuer. Freud meninggal pada tanggal 23 September  1923.

 

Teori yang dikemukakan oleh Freud yaitu psikoanalisa atau disebut juga aliran psikologi dalam (depth psychology). Freud membagi pikiran kedalam conciousness: kesadaran, preconciousness: pra-kesadaran, dan unconciousness: ketidaksadaran. Freud mengembangkan konsep struktur pikiran itu dengan mengembangkan ‘mind apparatus’, yaitu yang dikenal dengan struktur kepribadian Freud dan menjadi konstruknya yang terpenting yaitu:

 

  1. Id: struktur paling mendasar dari kepribadian, seluruhnya tidak disadari dan bekerja menurut prinsip kesenangan, bertujuan memenuhi pemuasan yang segera (makan, minum, dll).
  2. Ego: struktur kepribadian yang mengontrol kesadaran dan mengambil keputusan atas perilaku manusia.
  3. Super ego: merefleksikan nilai-nilai sosial dan menyadarkan individu atas tuntutan moral. Apabila terjadi pelanggaran nilai, super ego menghukum ego dengan menimbulkan rasa salah.

 

Selain itu teori Freud disebut juga sebagai teori psikodinamik (dynamic psychology), karena ia menekankan pada dinamika atau gerak mendorong dari dorongan-dorongan dalam ketidaksadaran itu kedalam posisi sadar.

 

          Karya-karya Sigmund Freud yaitu: The Interpretation of Dream (1899),  Beyond the Pleasure Principle, Civilisation and Its Discontents.

 

 

 

.Referensi:

 

Sarwono, Sarlito Wirawan.1986. Berkenalan dengan Aliran-Aliran dan Tokoh-Tokoh Psikologi. Jakarta: PT.Bulan Bintang.

 

Suyanto,Agus.1993.Psikologi Umum.. Jakarta : Bumi aksara

 

Turnbull,Neil.2005.Bengkel Filsafat: Jakarta : Erlangga

 

http://www.tnol.co.id/id/uptodate/7922-buku-sigmund-freud.html

 

Komentar
  1. rizkyckky mengatakan:

    alhamdulilah🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s